Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bounce Rate Yang Bagus

Bounce Rate Yang Bagus

Mendapat trafik yang melimpah setiap hari adalah idaman bagi para pemilik blog atau website seperti saya.

Akan tetapi untuk mendapat trafik yang tinggi itu sangatlah sulit, karena banyak sekali faktor yang harus diperhatikan salah satunya adalah optimasi SEO.

Peranan SEO itu begitu penting bagi blog karena akan memudahkan search engine untuk membaca struktur konten yang ada di blog.

Persaingan antar pemilik blog kian hari makin sengit dan sekarang sudah banyak orang yang lebih memilih menonton video dari pada membaca blog untuk mencari informasi. 

Maka dari itu mempertahankan pengunjung supaya berlama-lama membaca di blog itu sangatlah penting.

Jika pengunjung tidak tertarik membuka link atau membaca konten lain yang disarankan oleh pemilik blog maka perihal ini disebut Bounce Rate

Apa itu Bounce Rate

Bounce rate merupakan persentasi dari pengunjung yang membaca dan pergi tanpa membuka atau membaca isi konten lain yang ada di blog tersebut.

Faktor Yang Membuat Bounce Rate Menjadi Tinggi

A. Konten Tidak Berkualitas

Konten merupakan faktor utama sebuah blog, jika konten tidak dapat membuat pengunjung puas dengan informasi yang di sajikan alhasil pengunjung akan langsung keluar dari blog. 

B. Blog Lambat

Loading merupakan satu diantara beberapa faktor SEO yang sangatlah penting bagi pemilik blog.

Jika blog kamu mempunyai loading yang lambat, bisa jadi pengunjung pun akan langsung keluar tanpa mau menunggu blog kamu termuat seluruhnya. 

C. Banyak Iklan

Memasang iklan adalah salah satu dari sekian cara untuk bisa mendapatkan uang dari blog. 

Namun jangan sampai iklan yang di pasang malah menutupi isi konten yang ada.

Misal: kamu sedang mencari informasi mengenai tutorial blogging dan ternyata blog yang kamu buka ada iklan pop up, pop under, iklan yang berada di atas/samping/bawah dan iklan-iklan yang membuat kamu ingin segera keluar dari blog tersebut.

Karena pengalaman pengguna adalah segalanya bagi pemilik blog karena termasuk tekhnik SEO juga, maka pasanglah iklan sewajarnya saja.      

Perlu diperhatikan jika kamu memasang iklan terlalu banyak juga akan membuat loading blog lambat.

D. Desain Blog Tidak Ramah

Untuk mengelola blog dengan baik desain blog juga sangat berpengaruh terhadap pengalaman pengguna.

Jangan sampai membuat pengunjung kebingungan terhadap desain blog maupun navigasi yang kamu pasang.

Karena bisa saja pengunjung memilih keluar karena tidak bisanya mereka mengakses informasi yang ada di blog. 

Masalah inipun bisa membuat interaksi pengunjung berkurang, alhasil persentasi pengunjung untuk membaca isi dari konten lain pun menurun dan membuat bounce rate menjadi tingggi.

Tips Mendapatkan Nilai Bounce Rate Yang Bagus

A. Desain Dan Navigasi Yang Sederhana

Untuk meningkatkan pengalaman pengguna yang baik diperlukan desain serta navigasi yang tidak membuat bingung pengunjung. 

Yang terpenting dari sebuah blog itu harus ada menu antara lain: about, contact, disclaimer, privacy policy.

Untuk selebihnya "opsional" sesuaikan menu dengan isi konten atau tema dari blog kamu, buat yang sewajarnya saja supaya terlihat sederhana dan bagus untuk dilihat.

Jangan terlalu banyak menggunakan widget, cukup dengan widget "postingan terbaru" dan "postingan populer" atau pilih salah satu saja sudah cukup.

B. Percepat Loading Blog

Perihal ini adalah tekhnik optimasi SEO yang wajib dilakukan pemilik blog, selain bisa mengurangi persentasi bounce rate juga akan membuat blog bisa masuk peringkat teratas search engine.

C. Konten Yang Berkualitas

Saya rasa kamu sudah paham perihal ini, karena konten yang berkualitas membuat pengunjung betah berlama-lama membaca di blog kita, maka secara otomatis persentasi untuk membaca artikel lain pun akan meningkat alhasil bounce rate akan bagus.

D. Pasang Iklan Secukupnya

Iklan yang banyak pada konten akan membuat loading blog lambat, maka dari itu pasanglah iklan secukupnya dan jangan pasang iklan pop up/pop under, karena kebanyakan pengungjung tidak menyukainya.

Rekomendasi penempatan iklan pilih salah satu

  1. Pasang 1 di bawah header dan 1 lagi di atas widget "popular post" atau "recent post"
  2. Pasang masing-masing 1 iklan di atas, tengah dan bawah postingan
  3. Cukup menggunakan iklan otomatis, jika kamu publisher adsense

Jika kamu publisher adsense bisa juga menggabungkan iklan otomatis dan manual, dengan cara menggabungkan opsi dari nomor 1 dan 3 (sumber: blogtips on youtube).

E. Manfaatkan Open New Tab

Open new tab bekerja jika pengunjung mengklik link aktif dan secara otomatis akan di arahkan dan membuka tab baru.

Cara ini bisa membuat bounce rate bagus, karena pengunjung masih tetap akan berada di blog untuk tetap membaca dan artikel sebelumnya pun tidak akan di hitung keluar karena masih aktif di tab sebelumnya.  

Penutup

Bounce rate yang tinggi bisa berarti konten yang berkualitas rendah atau bisa juga clickbait dan tidak adanya informasi yang bisa diambil dari isi konten tersebut.

Bounce rate juga merupakan indikator search engine seperti google untuk menentukan popularitas sebuah blog secara tidak langsung akan berpengaruh juga terhadap nilai dari DA PA blog.

Itulah pembahasan terkait bounce rate yang bagus untuk blog. Jangan lupa klik share jika artikel ini dirasa bermanfaat.

Muhammad Nur Islam
Muhammad Nur Islam Seorang perekam medis dan penulis konten [mulai nulis sejak tahun 2020 hingga sekarang]