Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Backlink Dan Manfaatnya

Mengenal Backlink Dan Manfaatnya

Sebagai seorang blogger pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya backlink, karena jika bisa mengelolanya dengan baik sesuai kaidah SEO yang benar bisa membuat ranking blog menjadi tinggi dan bisa bersaing dengan blog-blog yang sudah ada duluan di halaman mesin pencari.

Akan tetapi bagi seseorang yang baru saja membuat blog dan ingin mengelola blognya secara baik dan benar mungkin kata "backlink" ini terdengar asing bagi para blogger pemula. 

Apa peran backlink untuk kemajuan suatu blog di halaman mesin pencari?  

Apa Itu Backlink

Backlink merupakan link atau tautan yang dapat menuju atau mengarahkan pengunjung dari suatu web atau blog ke URL blog kamu.

Semakin banyak backlink yang kamu dapat maka semakin tinggi pula ranking blog kamu di halaman mesin pencari.

Cara kerjanya sangat simple bukan? akan tetapi untuk mendapatkannya yang sulit.

Perihal ini karena backlink sendiri tidak sesederhana yang kamu anggap, karena backlink umumnya terdiri jadi dua jenis yang masing-masing mempunyai kekhasan tertentu yakni backlink dofollow dan backlink nofollow. 

Simak penjelasan dari kedua jenis backlink berikut:

A. Backlink Dofollow

Backlink dofollow adalah tipe backlink yang dapat mengarahkan pengunjung langsung ke halaman web atau blog kamu lewat klik link atau tautan yang diambil oleh blogger lain. 

Misalnya, kamu mempunyai blog dan ada blogger yang lain yang tertarik sama content yang kamu bikin.

Lalu, ia memakai content kamu di situsnya atau blognya dengan menyertakan link web kamu hingga setiap pengunjung yang mengeklik link itu mereka akan ditujukan ke halaman web kamu langsung.

Tetapi, kamu perlu waspada dalam memakai backlink dofollow karena umumnya backlink dofollow akan dipandang seperti spamming oleh Google yang cuman akan menghambat kemajuan web atau blog kamu.

B. Backlink Nofollow

Dari kata "no" saja pastinya kamu sudah mengetahui jika backlink nofollow adalah kontradiksi dari backlink dofollow yang memiliki arti tidak mengikuti, maka backlink ini tidak akan memberi kemajuan atau manfaat apapun pada web kamu karena bot google akan mengabaikan link nofollow dan menganggapnya sebagai bukan untuk direkomendasikan.

Sebenarnya dari kedua backlink tersebut ada manfaatnya masing-masing untuk perkembangan web atau blog yang kamu kelola mari simak apa saja manfaatnya di bawah ini.

Manfaat Backlink Dofollow dan Nofollow

A. Manfaat Backlink Dofollow

1. Dapat meningkatkan trafik

Karena backlink dofollow adalah link standar, jadi backlink dofollow dapat menambah trafik ke situs kamu semakin cepat dan lebih mudah.

2. Dapat mempercepat indexing

Disamping itu, backlink dofollow adalah backlink paling cepat untuk di indeks oleh Google karena pembawaannya yang "do" hingga Google akan meningkatkan rangking website kamu di halaman teratas mesin pencari.

3. Merampingkan rangking alexa dengan cepat 

Untuk kamu yang kebingungan mengapa rangking alexa perlu dirampingkan, alexa adalah mesin internet yang menentukan rangking suatu web berdasar pada jumlah pengunjung, backlink, dan jumlah penelusuran, maka dari itu makin ramping rangking alexa kamu maka makin terkenal pula situs atau blog yang kamu kelola.

4. Menaikkan integritas situs 

Backlink dofollow bisa membuat integritas website atau blog kamu karena jika ada situs terkenal yang memakai backlink kamu, maka pengunjung yang berada di situs terkenal itu akan memandang jika situs kamu itu sama baiknya dengan situs terkenal yang biasa mereka datangi.

B. Manfaat Backlink Nofollow

1. Membuat backlink jadi alami

Kamu perlu mengetahui jika backlink alami bisa menjadi nilai plus dalam perubahan web kamu di halaman mesin pencari karena Google lebih senang pada penelusuran secara manual dibanding backlink dofollow.

2. Mengontrol integritas situs 

Backlink nofollow menjadi langkah alternative untuk melindungi integritas situs atau blog kamu karena Google umumnya akan memandang jika kamu kerap memakai backlink dofollow, situs kamu dipandang seperti website yang jelek hingga membutuhkan kontribusi backlink, tapi tidak dengan backlink nofollow karena sama seperti yang disebut barusan, backlink nofollow tidak termasuk ke rangking SEO.

3. Tanda jika situs kamu masih buruk

Backlink yang umumnya didapatkan oleh beberapa blogger ialah backlink nofollow yang memiliki arti jika web atau blog mereka masih termasuk buruk. Tapi kamu tak perlu bersusah-hati karenanya, kamu dapat menaikkan perform blog kamu mulai dari kecepatan, design, isi content, tata bahasa dan yang lain sampai beberapa blogger lain mengganti backlink nofollow menjadi dofollow.

Penutup

Jadi kesimpulannya backlink dofollow itu memang bagus untuk perkembangan blog akan tetapi harus di seimbangkan dengan backlink nofollow, kenapa demikian?

Karena google akan menganggap blog atau web itu "spam" jika hanya memiliki backlink dofollow saja. Maka buatlah backlink nofollow supaya terlihat natural di mata google.

Jadi berhati-hatilah memasang backlick untuk web atau blog yang kamu kelola jika salah bisa saja google memberi penalti dan hancurlah blog yang sudah kamu bangun sedari awal.

Itulah pembahasan terkait backlink dofollow dan nofollow. Jangan lupa klik share jika artikel ini dirasa bermanfaat.

Muhammad Nur Islam
Muhammad Nur Islam Seorang perekam medis dan penulis konten [mulai nulis sejak tahun 2020 hingga sekarang]